LPJ HUKUM PIDANA ISLAM 2010-2011

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM PIDANA ISLAM
FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
PERIODE 2010-2011
Meniti Jejak Perjalanan Satu Periode,berkarya untuk HPI
Satu periode kepengurusan akan segera berakhir, dan ini tidak serta merta bakal berjalan dengan mulus tapi banyak pertanyaan yang harus dijawab, dan pertanyaan yang paling mendasar adalah, sejauh mana keberhasilan kepengurusan HMJ HPI periode 2010-2011 dalam mengemban amanah satu tahun lamanya???. Menilai sebuah keberhasilan jangan hanya dilihat dari satu aspek saja melainkan harus dilihat dari beberapa aspek, dan jelas suatu keberhasilan tidak hanya bisa dilihat dari sekedar terealisasikan program kerja. Dalam penilain kinerja kepengurusn HMJ HPI idealnya melihat dari sisi lain sudah seharusnya menjadi point tersendiri yang tidak kalah penting, misalkan pembentukan kultur, interaksi dan internalisasi nilai yang bertujuan menumbuhkan kesadaran dan rasa memiliki kepada jurusan Hukum Pidana Islam.
Kreatif Minority Sebuah Harapan dan Perjuangan, ini adalah jargondan cita-cita semua pada kepengurusan yang lalu yang samapai saat ini masih kita pertahankan sekaligus sebagai cita-cita dan pemicu semangat kami selama satu tahun ini, dan mudah-mudahan akan selalu menjadi pemicu semangat dan menjadi iklim yang positif dalam bebagai hal sehingga menjadi organisasi yang memberikan nilai manfaat dan menjadi cerminan bagi kepengurusan selanjutnya untuk terus berkarya, dengan perjuangan yang keras untuk bisa mencapai suatu kelompok minoritas yang kreatif, dan semua itu bisa tercapai karena harapan itu masih ada.


ANALISIS KONDISI AWAL
Manusia makhluk yang mengemban amanah dan menyandang predikat sebagai khalifah di muka bumi, dan makhluk yang Allah ciptakan dengan rancangan desain begitu detail dan sempurna. Jasad, akal dan ruh merupakan tiga komponen utama manusia. Dan dengan akal, manusia tampil lebih unggul dari makhluk lain yang terangkum dalam kesatuan alam semesta.
Karena Hidup adalah untuk mempersembahkan yang terbaik, yang bermakna di dunia dan berarti di akhirat nanti. Jika saja, gajah mati meninggalkan gading yang berharga, manusia sejatinya mampu memberikan 'kenang-kenangan' yang lebih bermanfaat luas dan membuat namanya tetap harum dan hidup di lubuk hati generasi penerusnya meski jiwa telah terpisah dari raga. Mengukir karya abadi, itulah yang harus dilakukan agar tetap hidup lebih dari seribu tahun. Mudah-mudahan saja kami bisa memberikan pengalaman bagi penerus kami untuk terus selalu berkarya.
PERAN POLITIK HMJ HPI
Fungsi mahasiswa sebagai agent social of control, agent social of change seharusnya bukan sebatas teori, tapi harus ada resonansi positif yang menghasilkan sebuah perubahan terhadap keadaan yang tidak memihak kepada kepentingan civitas akademika, menjadi pengontrol dan pengawal terhadap kebijakan yang secara langsung atau tidak langsung yang berefek pada kedaulatan demokrasi, terus menerus melakukan evaluasi dan pengembangan fungsi organisasi kemahasiswaan.
Fungsi yang tidak mudah memang, mendatangkan ancaman dan memunculkan friksi-friksi yang berakibat terhadap pribadi dan organisasi, tetapi seandainya dilakakukan secara komitmen, maka semuanya akan berbuah menjadi kebajikan kolektif.
Selain daripada itu sebagai mahasiswa seharusnya juga peka dengan keadaan sekitarnya, kita tidak hany mengontrol kebijakan-kbijakan yang tidak berpihak kepada mahasiswa tetpi kita juga harus mengontrol lebih jauh lagi, dengan asumsi melakukan suatu komunikasi dengan lembaga-lembaga yang lain.
Harapan besar ini mudah-mudahan terus membawa organisasi HMJ HPI yang memiliki karakter.
EVALUASI UMUM
Kami akui belum banyak yang bisa d perbuat untuk HPI dalam satu tahun ini dan kami sadar masih banyak potensi yang dimiliki oleh mahasiswa HPI yang masih belum bisa diakomodir. Ada ungkapan orang bijak “orang-orang yang baik budinya sadar bahwa kesuksesan dan kebahagiaan baru dapat dicapai kalau kita membuat orang lain senang, menang, dan bahagia. Hanya dengan cara itulah kita akan dapat menikmati kemenangan kita dalam jangka panjang.” Kalaupun seperti itu mungkin saya bukan orang yang ideal yang seperti itu, tapi saya yakin hanya ingin memberikan yang terbaik buat HPI, dan inilah perjalanan saya memimpin HMJ HPI selama satu tahun yang pada waktu itu saya dilantik pada tanggal 14 Oktober 2010. Mudah-mudahan semua yang sudah kami perbuat menjadi kenangan yang indah dan cerminan Kepengurusan selanjutnya untuk melangkah. Sekali lagi saya mohon maaf kepada seluruh civitas akademika jurusan HPI dan saya ucapkan terima kasih kepada kawan-kawan pengurus yang sudah ikhlas untuk berjuang bersama dalam membangun HPI.
Terima kasih Tuhan
“Kebenaran adalah milik tuhan,kesalahan adalah milik setan dan saya adalah korban”.
Bandung, 20 September 2011
Mengetahui,
TOPIK
Ketua Umum Periode 2010-2011

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
SEKRETARIS UMUM (SEKUM)

  1. Pendahuluan
Puji serta syukur seraya saya panjatkan kehadirat Allah swt. Yang atas curah limpah rahmatnya saya dapat melaksanakan amanat yang diberikan kepada saya selama satu tahun kepengurusan Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Pidana Islam. Tidak mudah mengemban amanah dalam menjalankan organisasi, namun amanah itu akan menjadi mudah ketika kita menjalankannya dengan rasa bertanggungjawab dan dedikasi yang penuh. Amanah ini pun pada akhirnya harus dipertanggungjawabkan dikemudian hari agar menjadi evaluasi bagi diri saya pribadi maupun bagi keseuruhan pengurus Himpunan Mahasiswa agar menjadi bahan pelajaran dan evaluasi di kemudian hari.
Akhirnya, saya menyadari betul bahwa selama satu tahun mengemban amanah ini masih banyak hal yang belum dapat saya laksanakan secara optimal, namun itupun sama sekali tidak melepaskan rasa tanggungjawab saya pribadi sebagai pengurus.
  1. Program kerja
    1. Penjadwalan Rapat Staffing Kepengurusan Periode 2010-2011
    2. Mewakili Ketua saat Berhalangan hadir
    3. Pembuatan Kotak Surat
    4. Penjadwalan Rapat
a.       Rapat Harian
b.      Rapat Kabid
    1. Pengadaan Buku Panduan Kabid
    2. Pembuatan Surat Keluar
    3. Penjadwalan Hari Ngantor
    4. Pembuatan Organigram
    5. Mengelola Inventaris Organisasi
    6. Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban
    7. Pengarsipan

  1. Realisasi Program Kerja
Alhamdulillah, selama kurun waktu satu tahun masa jabatan saya di Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Pidana Islam ini, telah terlaksana beberapa Program Kerja sekalipun ada beberapa Program yang tidak Terlaksana karena berbagai kendala;
    1. Penjadwalan Rapat Staffing
Alhamdulillah, rapat staffing terlaksana dengan lancer. Rapat Staffing adalah rapat yang diadakan dalam rangka untuk penyusunan anggota kepengurusan setelah terpilihnya susunan ex-officio.
Rapat staffing ini terlaksana pada tanggal 20 September 2010. dengan susunan kabid sebagai berikut:
a.       PAO (Pengembangan Aparatur Organisasi)
b.      PI  (Pengembangan Intelektual)
c.       KPPM (Kerjasama Pengembangan dan Penelitian Masyarakat)
d.      Kode Etik dan Akhlakul Karimah
e.       Seni dan Olahraga
f.       Press Mahasiswa
g.      Kewirausahaan
    1. Mewakili ketua saat berhalangan hadir.
    2. Pembuatan Kotak Surat
Program ini terealisasi pada tanggal 16 Oktober 2010.
    1. Penjadwalan Rapat
Untuk menjaga konsistensi dan komunikasi antar pengurus, rapat Harian dan Rapat Kabid diadakan secara rutin setiap satu minngu sekali. Selain untuk menjaga komunikasi, rapat ini dimaksudkan agar setiap program yang direncanakan oleh kabid dapat dilaksanakan secara maksimal.
    1. Pengadaan Buku Panduan Kabid
Program ini merupakan program pertama yang merupakan inisiatif saya guna membantu program kerja Kabid agar lebih Rapid an terorganisir dengan baik. Di dalam buku panduan tersebut berisi tentang susunan program kerja yang menjadi prioritas para kabid serta realisasi dari program tersebut. Selain agar Kabid melaksanakan administrasi internalnya dengan rapi, buku ini juga bertujuan untuk mempermudah setiap kabid dalam penyusunan Laporan pertanggungjawaban diakhir masa jabatan.
Alhamdulillah Program ini terlaksana dengan diberikannya 9 buah buku untuk 7 Kabid disertai 2 buku untuk SEKUM dan BENDUM. Program ini terlaksana pada tanggal 19 Oktober 2010.
    1. Pembuatan Surat Keluar
Program ini pun terlaksana dengan baik.
    1. Penjadwalan Hari Ngantor
Program ini terealisasi dengan kerjasama bersama PAO. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak anggota pengurus yang enggan untuk mengisi kantor secretariat.
    1. Pembuatan Organigram
Program ini tidak terealisasi dengan optimal karena berbagai kendala.
    1. Mengelola Inventaris Organisasi
Alhamdulillah, sepanjang kepengurusan saya, saya semampu mungkin melaksanakan program ini. Semoga apa yang ada saat ini dapat dijaga dikemudian hari.
    1. Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban
Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban disusun sejak tanggal 15 september 2011 Hingga 20 September 2011.
    1. Pengarsipan
  1. Kendala
Segala puji bagi Allah yang hanya atas pertolonganNya-lah saya mampu mengemban amanah ini. Disamping segala kemudahan dan kelancaran yang diberikanNya, adapula kendala yang menjadi halangan dalam terealisasinya program kerja saya. Kendala yang saya temui adalah kurangnya intensifnya pelaksanaan rapat Pengurus yang semestinya rapat ini menjadi wadah untuk mengoptimalkan kinerja Kabid.
  1. Pesan dan Saran
Semoga apa yang telah saya jalankan dalam kepengurusan periode 2010-2011 ini dapat menjadi tolak ukur dalam kepengurusan SEKUM selanjutnya, agar SEKUM khususnya dapat lebih kreatif dalam pelaksanaan program kerja dan dapat lebih Rapi dari segi Administrasi.
Adapun saran saya untuk SEKUM kedepan agar mempunyai rasa bertanggungjawab yang lebih baik lagi dan mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap organisasi dan jurusan hingga akhir jabatannya.
Akhirnya, saya menyadari bahwa dalam kepengurusan saya ini masih terdapat banyak kekurangannya. Oleh sebab itu, saya menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya dan berterimakasih kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu.
                       
                                                                        Bandung, 20 September 2011
                                                                        Mengetahui,


                                                                        Neneng Fitria Nurhasanah
                                                                        Sekretaris Umum
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
BENDAHARA UMUM (BENDUM)
SEMESTER GENAP 2010-2011
















No.
Tanggal
Uraian
N.B
Debet
Kredit
Saldo
Ket








1
5/20/2011
Dana Kegiatan Smt Genap
1
2,696,200

2,696,200
Bois
2
5/20/2011
Pajak Smt Ganjil
2
563,800

3,260,000
Bois
3
5/20/2011
Kegiatan Bidang Pers
3

150,000
3,110,000
Azhar
4
5/20/2011
Persiapan Milad HPI
4

300,000
2,810,000
Opik
5
5/21/2011
Konsumsi Rapat Milad
5

13,000
2,797,000
Ririn
6
5/30/2011
Peminjaman
6

100,000
2,697,000
Jajang
7
6/8/2011
Konsumsi Stand HPI
7

10,000
2,687,000
Dudi
8
6/11/2011
Bayar Kekurangan Kaos
8

50,000
2,637,000
Adang
9
6/12/2011
Peminjaman
9

200,000
2,437,000
Opik
10
6/16/2011
Spanduk Stand HPI
10

200,000
2,237,000
Opik
11
6/20/2011
Rental Mobil (2 Mobil)
11

500,000
1,737,000
Kania
12
6/20/2011
Bensin
12

200,000
1,537,000
Azhar
13
6/20/2011
Renang (23 Orang)
13

230,000
1,307,000
Opik
14
6/20/2011
Makan dan Penginapan
14

400,000
907,000
Neneng
15
6/21/2011
Bensin
15

100,000
807,000
Azhar
16
6/22/2011
Bengkel
16

100,000
707,000
Opik
17
6/27/2011
Bayar Listrik (Sekre HPI)
17

24,000
683,000
Dudi
18
7/7/2011
Peminjaman
18

100,000
583,000
Opik
19
8/20/2011
Buka Bersama HPI
19

68,000
515,000
Bois
20
9/7/2011
Stand Expo HPI
20

100,000
415,000
Fey
21
9/7/2011
Pemasukan
21
50,000

465,000
Jajang
22
9/8/2011
Stand Expo HPI
22

50,000
415,000
Opik
23
9/16/2011
Spanduk Wisuda
23

80,000
335,000
Kania


JUMLAH

3,310,000
2,975,000
335,000

                                                                                    Bandung, 20 September 2011
                                                                        Mengetahui,
                                                                        Iis Dewi Nur Aisyah
                                                                        Bendahara Umum
LAPORAN KEUANGAN
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN
HUKUM PIDANA ISLAM
SEMESTER GANJIL

No.
Tanggal
Uraian
N.B
Penerimaan
Pengrluaran kotor
Pengeluaran bersih
1
24/05/2010
terima dana HPI

3.758.750


2
25/04/2010
Foto copy
1

24,000
24,000
3
19/10/2010
gembok dan lampu
2

27,000
27,000
4
21/10/2010
stempel
3

36,000
36,000
5
25/10/2010
Foto copy
4

48,500
48,500
6
26/10/2010
print
5

72,000
72,000
7
28/10/2010
ATK
6

53,700
53,700
8
29/10/2010
Foto copy
7

33,400
33,400
9
1/11/2010
ATK
8

14,100
14,100
10
1/11/2010
Pulsa Jarkom BOMB
9

39,000
39,000
11
1/11/2010
Konsumsi rapat BOMB
10

49,500
49,500
12
3/11/2010
fasilitas BOMB
11

510,000
510,000
13
3/11/2010
ATK
12

71,250
71,250
14
3/11/2010
Foto copy
13

40,600
40,600
15
3/11/2010
spanduk BOMB
14

150,000
150,000
16
4/11/2010
Catering BOMB
15

650,000
650,000
17
5/11/2010
Obat-obatan BOMB
16

161,500
161,500
18
6/11/2010
Beras 12kg
17

78,000
78,000
19
7/11/2010
Transportasi BOMB (Ciwidey)
18

900,000
900,000
20
23/11/2010
Rihlah HMJ HPI
19

400,000
400,000
21
10/12/2010
Persiapan MUHIMA Senat
20

100,000
100,000
22
16/12/2010
Transportasi Basket (garut)
21

300,000
300,000
JUMLAH
3.758.750
3.758.750
3.758.750

                                                                       

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGEMBANGAN APARATUR ORGANISASI (PAO)
A. Pendahuluan
B. Susunan Anggota
Ketua
Sekretaris
Anggota
: Fery Fauzan Azima
: Mahbub Mahbubun
: Aat Kania
  Ida Hamidah

C. Program Kerja
D. Realisasi Program Kerja
E. Kendala
F. Pesan dan Saran















LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGEMBANGAN INTELEKTUAL (PI)
A. Pendahuluan
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita sebagai pengurus Hima HPI UIN SGD BND.
Pelaksanaa suatu sidang pertanggung jawaban dalam suatu organisasi sangatlah harus dilaksanakan demi terwujudnya suatu tujuan dari sebuah organisasi tersebut. Adanya suatu sidang laporan pertanggung jawaban tersebut, tak hanya dimaksudkan untuk pelaksanaan Laporan pertanggung jawaban semata tetapi juga untuk lebih mengoptimalkan sebuah kinerja dari organisasi kemahasiswaan tersbut di kepengurusan yang akan datang.
Pelaksanaan sidang LPJ ini semoga bisa menghasilkan sesuatu yang bisa membuat sebuah perubahan dalam tatanan serta kinerja bidang PI di kepengurusan yang akan datang. Dengan ini, perlu juga diimbangi dengan semangat generasi muda mahasiswa Hima HPI yang senantiasa menjunjung tinggi nilai dari kebersamaan serta pandangan yang objektif terhadap segala bentuk permasalahan yang hadir dalam organosasi itu sendiri.
Laporan Pertanggung jawaban ini kami sampaikan kepada para Peserta Moskom HIMA HPI sebagai bukti bahwa kami telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami sebagai pengurus Hima HPI, meskipun ada pelaksanaan-pelaksanaan kegiatan Hima khususnya Bidang PI ini yang belum terlendingkan.
Mungkin sebagai penutup kami sampaikan permohonan maaf kami sebagai pengurus yang mungkin belum bisa semaksimal pelaksanaan kegiatan-kegiatan HIMA HPI khususnya bidang PI ini.
Semoga laporan pertanggungjawaban bidang PI ini dapat diterima dengan baik oleh seluruh peserta Musykom. Serta menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa setiap melaksanakan suatu kegiatan dibutuhkan suatu evaluasi serta laporan pertanggungjawaban.
B. Susunan Kepengurusan
Ketua
Sekretaris
Anggota
: Faisal Murbahasal
: Agung Wangsana
: Dede Erik
  Khilda Nurajizah
  Mahbub Mahbubun

C. Program kerja
1. Mengadakan Diskusi reguler
2. Megadakan seminar nasional
3. Mengadakan pembelajaran kitab kuning Tafsir Aljina’i
4. Mengdakan studi banding ke setiap Universitas
D. Realisasi Pokja
1. Bisa terlaksananya diskusi reguler yang bertempat di Sekretariat HIMA HPI
E. Kendala
Mungkin kendala yang kami hadapi adalah tidak adanya sosialisasi dan konfirmasi anatara Kabid dengan anggota. Sehingga menyebabkan acuh tak acuh antara kabid dan anggota.
F. Pesan dan saran
Pesan: semoga kepengurusan yang akan datang lebih baik dari kepengurusan sekarang.
Saran: selalu jalin rasa kebersamaan dalam berorganisasi
                                                                                    Bandung, 23 September 2011
Mengetahui,



Faisal Murbahasal                                                    Agung Wangsana
     Ketua Bidang                                                         Sekretaris Bidang

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
SENI DAN OLAHRAGA
A. Pendahuluan
Alhamdllah hirabil alamin wabihi nastain waala umuridunnya wa’ddin waala’alihi wassohbihi ajma’in……..amma ba’du.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kapada allah swt yang selalu memberikan kenikmatan, kebahagiaan, keberkahan, kepada kita selaku umatnya
Ke-dua, shalawat dan salam marilah kita junjunkan kepada baginda alam nabi besar Muhammad saw. Yang telah membawa kita sebagai umat nya dari jaman kegelapan menju kecerahan dan keterbelakangan kepada para sahabatnya, para tabi’in tabiatnya dan kepada kita selaku umatnya,,,amin ya rabbal alamin.
Langsung saja, saya sebagai ketua bidang seni dan olahraga (AHMAD TOHIR) mengucapkan terimakasih kepada HIMA yang telah memberikan amanah menjadi ketua dalam bidang seni dan olahraga selama satu periode lamanya. Juga ucapan terimaksih kepada seluruh anggota bidang seni dan olahraga yang telah meluangkan tnaga, fikiran dan waktu untuk terlaksananya kegiatan-kegiatan yang telah kita rencakan dari awal.
Tidak banyak kegiatan yang kita rencanakan, karna keterbatasan kemampuan kita. Namun akhirnya hanya tiga rencana kegiatan yang akan kita lendingkan dalam satu periode, Walaupun hanya tiga kegiatan namun kenyatannya banyak kendala-kendala dalam melaksanakan program-program kegitan tersebut, yang akhirnya tiga rencana kegiatan tersebut tidak semua kita lendingkan, untuk itu mohon maaf sebesar-besarnya dari kami khususnya dari ketua bidang.
B. Susunan Anggota
Ketua
Sekretaris
Anggota
: Ahmad Thohir
: Asep Adang Nugraha
: Fenty Septrifianti
  Ramdani
  Rio Sabda Alam

C. Program Kerja
Program kerja yang sudah direncanakan di awal
> Pemupukan atlit-atlit hpi dalam bidang seni dan olahraga
* Latihan futsal
* Latihan bulutangkis
* Latihan basket
* Latihan bola volley
> Mengadakan Persahabatan dalam bidang olahraga di lingkungan luar maupun dalam
> Mengadakan perlombaan seni
D. Realisasi Program Kerja
Program kerja yang terlendingkan:
1. latihan futsal seminggu 2x
2. persahabatan futsal dengan jurusan yang lain di uin sgd bdg
3. persahabatan basket dengan dengan kampus unsil di garut
4. pelatihan bulutangkis seminggu 1x
5. pelatihan basket seminggu 1x.
6. pelatihan volley seminggu 1x.
7. pelatihan sepak bola seminggu 2x
E. Kendala
Ternyata dalam merencanakan itu sangatlah mudah ditimbang prakteknya, karna yang kita alami di bidang seni dan olah raga ini, berawal dari merencanakan suatu kegiatan yang akan dilendingkan esok lusa ternyata ga semudah yang kita bayangkan. Karna dari awal, kita berfikir tiga program kerja yang kita rencanakan itu terlalu sedikit, tapi kenyataannya yang tiga itu gak semua kita lendingkan, untuk itu mohon maaf yang sebesar-besarnya, pertama kepada allah swt, kepada ketua hima beserta semua mahasiswa hpi, kepada jurusan, kepada fakultas. Yang telah memberikan kepercayan kepada kami untuk mengmbangkan bakat-bakat dalam bidang seni dan olah raga untuk membawa mahasiswa HPI ke yang lebih baek dari yang sebelumnya.
kendala yang kita hadapi dalam satu periode ini, pertama:
1. akhir-akhir, kurangnya komunikasi antara anggota dan ketua.
2. banyaknya aktifitas di luar HIMA.
3. factor Suasana kampus yang kurang kondusip.
4. Jarang-nya perkumuplan bidang.


F. Pesan dan Saran
Dari kami (bidang seni dan olah raga) pertama, mengucapkan selamat datang calon pengurus HIMA yang baru yang akan menggantikan kami, terutama kepada calon pengurus bidang seni dan olahraga. Kedua, jalin silaturahmi antara anggota dan ketua. Ketiga, berikan semangat baru. Ke-empat, awali dengan niat yang tulus dan ikhlaz. Ke-lima, jalin komunikasi dengan senior. Ke-enam. Tong malas.
                                                                                    Bandung, 25 September 2011
Mengetahui,
Ahmad Tohir
Ketua Bidang
Asep Adang Nugraha
Sekretaris Bidang









LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PRESS MAHASISWA
A. Pendahuluan
Alhamdulillah adalah kata syukur yang paling indah dan bermakna untuk mengungkapkan rasa terimakasih kita kepada ALLAH SWT tuhan yang maha kuasa yang telah memberikan banyak kenikmatan, kebijakan hidup, peluang, harapan dan kekuatan dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan sebagai Khalifah Fil Ardhi.
Kami selaku jajaran bidang pengembangan pers mahasiswa telah banyak melewati banyak pengalaman-pengalaman berharga yang mesti kami bagi kepada generasi kepengurusan berikutnya agar menjadi ibarah yang dapat diambil guna dan mnfaatnya dari perjalan kami tersebut dan selama masa jabatan berlangsung kami sudah berusaha semaksimal mungkin agar segala kegiatan yang telah terprogram dapat terlaksana dengan baik. Akan tetapi kami hanya manusia biasa mungkin hanya ini hasil kami satu periode ini.
Bidang pengembangan pers mahasiwa merupakan salah satu bidang dalam kepenguruasan HMJ HPI periode 2010-2011 yang bergerak dalam bidang kreatiftas dan menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam membangun intelektualitas mahasiswa .
Fenomena kampus dan fenomena social merupakan hal yang menarik untuk kita mengetahui sehingga kita tidak pernah luput dari informasi-informasi yang terkini. Hadirnya PERS mahasiswa adalah dalam upaya pengembangan kreatifitas mahasiswa

B. Susunan Anggota
Ketua
Sekretaris
Anggota
: Azhar Haqiqi Hamid
: Azizah
: Ari Irawan     Fifit Apriliawati
  Kamaludin



C. Program Kerja
1. Membuat bulletin bulanan
2. Membuat madding
3. Mendokumentasikan setiap kegiatan
4. Membuat Facebook HMJ HPI
5. Membuat kuisioner
6. Mengadakan wawancara
7. Membuat web HMJ HPI
D. Realisasi Program Kerja
1. Madding Terlaksana
2. Dokumentasi foto-foto kegiatan hmj Terlaksana
3. Bulletin Tidak Terlaksana
4. Facebook HMJ HPI Terlaksana
5. Kuisioner (tes kepribadian) Terlaksana
6. Wawancara mahasiswa HPI Terlaksana
E. Kendala
1. Kurangnya Koordinasi antar Anggota
2. Susah untuk mengadakan Rapat
3. Minimnya waktu berkumpul
F. Pesan dan Saran
Akhir kata, saya mohon maaf apabila dalam promgam yang diamanatkan tidak semua bila kita laksanakan, karena masih banyak hal yang membuat kita sulit untuk merealisasikan program tersebut dan tidak lepas karena kita hanya manusia biasa yang hanya bisa berencana. Oleh karena itu kami berharap agar kepenguruasan berikutnya mampu memaksimalkan kinerja dalam himpunan mahasiswa hukum pidana islam,agar program-program yang terlaksan dan tidak terlaksana dapat menjadia acuan untuk menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam rangka mengembangkan intelektualitas mahasiswa hukum pidana islam.
Biallahittaufiq Wal Hidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb
                                                                                    Bandung, 25 September 2011
Mengetahui,
Azhar Haqiqi Hamid
Ketua Bidang
Azizah
Sekretaris Bidang
























LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
KERJASAMA PENGEMBANGAN DAN PENELITIAN MASYARAKAT (KPPM)
A. Pendahuluan
Mahasiswa merupakan agent social of change dimana tingkat intelektualitas mahasiswa merupakan sarana untuk memberikan perubahan positif dalam tatanan kehidupan masyarakat. Perubahan yang timbul tidak mungkin bisa berjalan dengan baik dan efektif tanpa adanya kerjasama yang baik dengan masyarakat. Hal ini yang kemudian menjadi tuntutan dalam masyarakat ketika dihadapkan dengan mahasiswa. Strata pendidikan mahasiswa yang dianggap lebih tinggi dari masyarakat yang bertaraf pendidikan rendah tentu menjadi tanggungjawab mahasiswa untuk mengamalkan ilmunya di dalam kehidupan masyarakat sebenarnya.
Di satu sisi masyarakat membutuhkan pencerahan, di sisi lain pula mahasiswa memerlukan masyarakat untuk mengembangkan keilmuan mereka yang telah didapatnya dari kelas perkuliahan maupun organisasi.
B. Susunan Anggota
Ketua
Sekretaris
Anggota
: Gita Robiansyah
: Dudi Badrujaman
: Ellda Alinda
 

C. Program Kerja
1. Bakti social di sekitar kampus
2. Penyuluhan Narkoba
3. Penyuluhan Sex (sex Education)
4. Mengadakan Bimbingan Belajar di Lembaga Sosial
5. Menjalin Kerja sama dengan Lembaga Sosial di sekitar Kampus


D. Realisasi Program Kerja
Program tidak terealisasi
E. Kendala
Banyak kendala teknis yang menyebabkan tidak terlaksananya program-program yang direncanakan oleh Kabid KPPM. Diantara kendala tersebut antara lai, kurangnya SDM dari kabid serta mundurnya ketua kabid setelah beberapa permasalahan. Namun kendala tersebut patut menjadi pelajaran bagi pengurus selanjutnya agar lebih focus dalam menjalankan program di bidang KPPM. Hal ini dikarenakan Penelitian dan pengembangan masyarakat menjadi salah saatu kegiatan yang amat penting bagi mahasiswa dan masyarakat.
F. Pesan dan Saran
Pesan   : untuk kepengurusan selanjutnya agar memiliki komitmen yang kuat dalan merealisasikan program kerja.
Saran   : agar pengurus selanjutnya adalah mereka yang memiliki tekad dan kemauan keras untuk turut serta mengembangkan sumberdaya mahasiswa dan masyarakat.

                                                                                                Bandung, 24 September
Mengetahui,



            Gita Robiansyah                                                        Ellda Alinda Fithry
               Ketua Bidang                                                             Sekretaris Bidang






LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
KODE ETIK DAN AKHLAKUL KARIMAH
A. Pendahuluan
Syukur alhamdullilh kita panjatkan kepada allah swt, juga solawat serta salam tercurahkan selalu kepada nabi kita Muhammad Saw. Atas kesempatan ini kami selaku anggota bidang Kode Etik & Akhlakul karimah Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Pidana Islam mengucapkan terimakasih banyak atas kepercayaan dan responsibilatasnya rekan-rekan terhadap kami. Maka segenap angggota bidang Kode Etik & akhlakul karimah mengungkapkan rasa bangga yang tiada tara.
Dan seiring berakhirnya periode masa jabatan kepengurusan kami khususnya pada bidang kode Etik &Akhlakul karimah, mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya yang mungkin selama kepengurusan program kinerja banyak tertunda dan tentunya ini semua atas beberapa sebab yang terjadi. oleh karenya bersama Laporan Pertanggungjawaban Ini kami sampaikan semoga ini menjadikan bahan tolak ukur dan penilaian terhadap kinerja pada masa yang akan datang untuk menjadi lebih baik dan penuh tanggungjawab Amin..!
B. Susunan Pengurus
Ketua Bidang                                             :
Seketaris                                                     :
Anggota                                                      :
Shidiq Saeful Insan
Nita Susilawati
Muhammad Salim
Evi Nurlatifah


C. Program Kerja
a. Jangka Panjang
1. Sms Tausiah & Tahajud (STT)
Diadakanya sms tausiah ini bertujuan untuk memberikan selalu pengetahuan agama dan kata-kata mutiara Islami yang bersifat membangun semangat para mahasiswa khususnya Jurusan Hukum Pidana Islam seluruh angkatan. Juga membangunkan mereka untuk belajar memebiasakan solat malam.
2. 3S ( Senyum, salam, Sapa)
Program ini bertujuan untuk membangun selalu ikatan silaturahmi diantara seluruh mahasiswa jurusan Hukum Pidana Islam.
3. Seragam Batik & Baju kebesaran HPI
Pada Hari selasa seluruh mahasiswa jurusan HPI diwajibkan memakai seragam baju Kebesaran HPI dan pada hari Jumat diwajibkan memakai Batik. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan memupuk selalu persaudaraan antar sesama.
4. Infaq Mingguan
Bertujuan sebagai wadah untuk menggalang dana dalam acara bakti sosial dan peringatan hari-hari besar Islam.
b. Jangka Pendek
1. Pengajian Tasyri Al-jina’i
Pengajian ini dilaksanakan sebanyak dua minggu sekali, program ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa jurusan HPI lebih menguasai dan memperdalam kitab tersebut sebagai pedoman jurusan HPI yang sangat penting.
2. Pesantren Ramadhan
Diadakan untuk menjalin silaturahmi keluarga besar HPI dan sebagai penyambutan bagi mahasiswa baru, juga sebagai pembelajaran untuk memanfaatkan waktu Ramadhan ini dengan penuh beramal.
3. Training Motivation
Bertujuan untuk memberikan Motivasi terhadap mahasiswa dalam bidang agama.
D. Realisasi Program Kerja
a. Pokja Yang Terealisasikan
1. STT (SMS Tahajud & Tausiah) setiap hari/ seminggu sekali.
2. 3S (senyum, salam, sapa) setiap bertemu dengan mahasiswa
Jurusan HPI seluruh angkatan.
3. Memakai Baju Batik pada Hari senin dan jumat Untuk semester V dan memakai baju kebesaran HPI pada hari selasa untuk semster III.
4. Infak mingguan Sempat dijalankan Sekali di semester I dan III.
b. Pokja Tidak Terealisasikan
1. Pengajian Tasyri Al-jina’i sempat akan dilaksanakan.
* Sudah menemui pemateri.
* Menentukan waktu.
* Membuka pendaftaran.
Namun, program tidak terlaksanakan karena waktu dan tempat yang kurang kondusif dan sehingga publikasi sukar untuk dilakukan.
2. Pesantren Ramadhan
3. Training Motivation
E. Kendala
1. Tempat yang jauh dengan pusat study
2. Manajemen waktu yang kurang kondusif
3. Kurang kerja sama
4. Fasilitas dan anggran yang sulit didapat.
F. Pesan dan Saran
* Bimbingan terhadap mahasiswa yang baru bergabung dengan HMJ harus lebih ditingkatkan lagi.
* Manajemen dan administrasi kepengurusan harus lebih jelas dan transfarasi.
* Khususnya Untuk bidang Kode Etik &Akhlakul karimah yang akan datang dapat merncanakan POKJA yang lebih baik dan dapat terealisasikan dengan baik.
* Perbaikan Pertanggungjwaban setiap pengurus baik ketua maupun anggota.
Kami membuat Laporan Pertanggungjawaban ini, dengan penuh harap semoga dapat menjadikan ini sebagai cerminan untuk kepengurusan yang akan datang, agar dapat menjadi lebih baik dan ideal lagi khususnya dibidang Kode Etik & Akhlakul karimah. Sekian dan Mohon maaf atas kata-kata yang kurang berkenan ini dan saran dan keritik sebagai pembangun kami harapkan dan ucapkan terimakasih.
Bandung, 21 September 2011

Mengetahui,




Siddik Saeful Insan                                                   Nita Susilawati
    Ketua Bidang                                                             Ketua Umum





















LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
KEWIRAUSAHAAN
A. Pendahuluan
B. Susunan Anggota
Ketua
Sekretaris
Anggota
: Ickbal Hofifi Bairuroh
:
:

C. Program Kerja
D. Realisasi Program Kerja
E. Kendala
F. Pesan dan Saran















Foto Kegiatan
OPAK 2011 (PENGENALAN FAKULTAS)


OPAK 2011 (PENGENALAN JURUSAN)

PERSIAPAN STAND EXPO

“NGARIUNG” DI STAND EXPO BERSAMA MAHASISWA BARU

HPI TOUR GRATIS KE KOLAM AIR PANAS DARAJAT

HPI TOUR GRATIS KE DARAJAT
FOTO BARENG PENGURUS DAN MAHASISWA HPI PESERTA TOUR
DI SAMARANG-GARUT


MAKAN BERSAMA PESERTA TOUR
SAMARANG-GARUT

PENJAGA STAND EXPO 2010


SEMOGA KREATIF MINORITY YANG MENJADI KEBANGGAAN KAMI TERUS BERLANJUT DAN SEMAKIN KOMPAK… KUATKAN TERUS KEBERSAMAAN KITA TAK PEDULI SEBANYAK APAPUN PERBEDAAN KITA KARENA SATU PERSAMAAN KITA “MAHASISWA HPI

KUNJUNGI SELALU  HIMA HPI UIN BDG dan
Grup @komunitas Hpi Uin Bdg






                                                                                                Terimakasih

                                                                                    Keluarga Besar Pengurus
                                                                                    HIMA HPI UIN Bandung
                                                                                    Periode 2011-2012
                       


LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN
HUKUM PIDANA ISLAM
PERIODE 2010-2011





FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2011